Jumat, 08 April 2011

SABAR DAN SHOLAT SEBAGAI PENOLONG

"Dan mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk,
(yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya."
(Al Baqarah 45-46)

Perjalanan hidup tidaklah selalu berjalan mulus, kadang berombak dan bergelombang. Terkadang keinginan tidak sesui dengan kenyataan yang ada. Semua itu harus kita jalani dengan sabar, sabar dan sabar. Sulit memang, namun bila setiap peristiwa kita ambil hikmahnya akan membuat kita lebih berhati-hati dan menyadari bahwa semua itu adalah dari_Nya dan kita mengharapkan keridhaan-Nya.

"Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun".
(QS. Al Baqarah : 155-156)

"Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)"
(QS. Ar Ra'd : 22)

Kapanpun dan apapun situasinya, janganlah sampai kita meninggalkan sholat. Jadikanlah sholat sebagai kebutuhan dan bukan sebagai beban. Seorang Islam akan menjadikan sholat sebagai pembeda dengan mereka yang bukan islam. Sholat adalah sarana kita untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.

"Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu,
sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."
(QS. Al Bararah : 153)

Semoga kita dan keluarga kita dimasukkan ke dalam golongan orang-orang yang sabar, orang-orang yang khusyuk dalam sholat dan dimasukkan ke dalam surga-Nya (surga 'Adn) dengan sambutan malaikat-malaikat (sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum" (keselamatan atasmu berkat kesabaranmu). Amiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar